12.000 Unit Mobil Toyota Diekspor Setiap Bulan

posted in: Berita Mobil | 1 | Author : OTOMART

OTOMART, Jakarta – Indonesia pantas bangga dengan nilai ekspor mobil yang kian naik. Sebagai salah satu eksportir tetap yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyumbang ribuan unit kendaraan utuh setiap bulannya. TMMIN pun menjadi satu-satunya produsen kendaraan yang meraih penghargaan Primaniyarta 2016, sebuah penghargaan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia karena dinilai sebagai Eksportir Berkinerja.

12-000-unit-mobil-toyota-diekspor-setiap-bulan
http://www.toyota-astrido.com/

Dilansir dari laman Beritasatu.com, Pencapaian TMMIN sebagai industri manufaktur otomotif di Indonesia memang tidak diraih dengan singkat. Berawal sebagai importir di tahun 70-an, kini TMMIN perlahan menjadi basis produksi dan ekspor sejak tahun 2004 serta bercita-cita untuk menjadi rantai pasok (supply chain) bagi Toyota global. Untuk mewujudkannya, Toyota juga terus menghadirkan produk dan pabrik mesin baru di Karawang, Jawa Barat.

“Sejak beberapa tahun terakhir, kami berusaha menampilkan kinerja ekspor yang dapat memberikan sumbangsih bagi pengembangan industri otomotif Indonesia,” ujar Senior Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter, di Jakarta, Rabu (12/10).

Edward menambahkan, saat ini rata-rata volume ekspor kendaraan utuh dari pabrik Toyota dan groupnya di Indonesia telah mencapai 12.000 unit per bulan. Sementara itu rata-rata volume ekspor mesin/kendaraan terurai/komponen sebanyak 750 container (FeU) per bulan.

Di samping itu, peningkatan volume ekspor kendaraan Toyota juga diiringi dengan peningkatan penggunaan komponen dalam negeri melalui kerjasamanya dengan pemasok lokal. Saat ini tercatat sebanyak 139 pemasok lokal lapis pertama yang mendukung kegiatan produksi pabrik TMMIN.

Sepanjang 2016 hingga bulan September, TMMIN telah membukukan ekspor kendaraan utuh sekitar 123.700 unit, Kendaraan terurai sebanyak 34.500 unit, mesin bensin lebih dari 90.300 unit, mesin ethanol lebih dari 16.200 unit, dan komponen kendaraan sekitar 64,7 juta buah.

Sembilan model kendaraan utuh bermerek Toyota yang diekspor yaitu Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Town/Lite Ace, Agya, dan Sienta. Produk-produk ekspor ini dikirim ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, Pasifik, serta Timur Tengah.

temukan mobil impian anda

Berita mobil terkait

Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Rush Bekas April 2018 OTR Jakarta

OTOmart – Toyota Rush adalah sebuah mini SUV yang berbagi desain dengan Daihatsu Terios....

3 Mobil Suzuki dengan Penjualan Tertinggi Selama GIIAS 2018

OTOmart – Gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)...

Tanpa Produk Baru, PT Toyota Astra Motor Dapatkan Banyak SPK

OTOmart – Sepanjang gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 berlangsung di...

Daftar Harga Toyota Sienta Bekas Agustus 2018

OTOmart – Toyota dikenal sebagai pabrikan otomotif yang mempunyai banyak pilihan model mobil, mulai...

Toyota Berikan Diskon Besar Bagi Avanza di GIIAS 2018

OTOmart – Momen pameran otomotif GIIAS 2018 tidak disia-siakan oleh para pabrikan otomotif untuk...

Siapa Sangka Ternyata Hawa Udara Pemicu Bodi Mobil Berkarat

OTOmart – Karat atau korosi yang terjadi pada mobil merupakan salah satu masalah yang...